Jumat, 29 April 2011

Kharakteristik Instruktur Yang Efektif

Apakah yang dimaksud dengan instruktur yang efektif? Keterampilan dan karakteristik apakah yang di miliki? Apa yang dimaksud dengan pengajaran yang efektif dan dalam hal apa ?

Tidak ada definisi yang tepat secara universal tentang pengajaran yang efektif, namun demikian setiap definisi yang diambil harus mempertimbangkan dua hal, yaitu apa yang dilakukan oleh instruktur dan apa yang dipelajari oleh siswa. Berikut adalah salah satu definisi: "Pengajaran yang efektif harus menghasilkan pembelajaran menguntungkan dan bermanfaat bagi siswa melalui penggunaan prosedur pengajaran yang tepat (Diamond, 1987).


Bagaimanapun juga terdapat kharakteristik dan ketrampilan tertentu yang dapat didemonstrasikan oleh instruktur yang efektif.
· Memiliki pengetahuan dan antusiasme terhadap materi dan pengajaran
· Dapat mengorganisasikan materi dan pelaksanaan pengajaran
· Memiliki ketrampilan berkomunikasi yang baik
· Bersikp positif terhadap siswa
· Dapat bersikp adil dalam mengevaluasi dan pemberian peringkat
· Bersikap fleksibel dalam pendekatan terhadap pengajaran

Meskipun pengetahuan itu sudah merupakan bidang anda, anda tidak diharapkan untuk menjadi seseorang yang mahatahu. Seperti yang disampaikan oleh As Joseph bahwa To teach is to learn twice.

Selain pengetahuan tentang materi pengajaraan, kemampuan mengorganisasikan juga merupakan elemen yang paling penting dalam berkomunikasi dengan suatu kelompok. Bila sesi pengajaran anda terorganisasi dengan baik, siswa akan memperhatikan karena mereka mengetahui bahwa informasi akan disampaikan secara logis dan langsung. Untuk itu harus ada pendahuan yang memungkinkan para siswa untuk memahami materi pengajaran saat mereka belajar sendiri. Pengorganisasian yang efektif artinya bahwa dapat menarik perhatian para siswa, atau paling tidak dapat meningkatkan tanggung jawab mereka. Jika siswa mendengarkan, mereka akan akan mulai mengeluarkan gagasannya kepada pengajar dan kepada teman-temannya. Keuntungan lain dari pengorganisasian ini adalah memungkinkan instruktur mengetahui dimana harus bertindak dalam sesi pengajaran tersebut, dengan demikian dapat menenangkan pikiran.

Yang perlu diingat oleh para instruktur adalah rekan kerja merupakan sumber informasi yang baik, oleh karena itu perlu dibicarakan dengan mereka. Perlu mencari tahu cara rekan kerja mengajar, dan bila terdapat teknik-teknik yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan pengajaran anda, maka layak untuk diadopsi. Seorang instruktur yang efektif harus siap meminjam, mengadopsi atau mengambil teknik pengajaran yang baik dari orang lain.
Original article: http://learningandteaching.dal.ca/taguide/Characteristics.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar