Minggu, 08 Mei 2011

Outbond Sebagai Sarana Pelatihan Yang Efektif

Di dunia kerja saat ini, pada jam-jam kerja dibutuhkan peikiran yang cerdas, tindakan yang cepat dan ketrampilan yang efektif. Hal-hal tersebut dapat dikembangkan lebih efektif lagi dalam bentuk pengalaman dari pada hanya di dalam kelas.

Program outbond telah dikenal sebagai sarana yang efektif untuk hal-hal yang melibatkan hubungan-hubungan interpersonal, kepercayaan dan ikatan, komunikasi saling berbagi visi dan sasaran-sasaran, motivasi, modifikasi perilaku sebagai respon atas perubahan dan efektifitas personal.

Program-program inibiasanya dilaksanakan di alam bebas yang jauh dari pemukiman. Dalam lingkungan yang tenang dan informal, menyatu dengan alam, seseorang akan lebih introspektif dan segan, membuka jalan untuk proses pembeljaran yang lengkap dan efektif. Setelah melalui beberapa hari dalam situasi di luar ruangan, anggota-anggota tim akan menjadi saling dekat, terikat satu sama lain, yang akan sulit didapatkan dalam lingkungan kantor yang penuh dengan suasana kekhawatirn dan penuh tekanan.



Selain dari itu, dalam lingkungan yang baru atau asing dan situasi yang tidak dapat diprediksi, akan meregangkan melampaui kenyamanan yang normal, cenderung akan kehilangan hambatan-hambatan dan akan lebih mudh menerima pembelajaran. Dalam lingkungan yang diciptakan, akan memungkinkan untuk menjadi fasilitator yang sensitive dan berpengalaman untuk mengidentifikasi kekuatan-kekuatan dan area-area masalah, serta dapat mengtasi perubahan-perubahan perilaku.

Pelatihan outbond sangat relevan dengan kondisi masyarakat saat ini, karena menunjukan pada seseorang bahwa kenyataannya mereka dapat menampilkan sumberdaya internal yang diperlukannya. Meskipun mereka berasal dari latar belakang yang berbeda, mereka dapat hidup dan bekerja sama, serta dapat menunjukan sifat dasar manusia yang suka membantu.

Sudh sering dibuktikan bahwa para peserta dalam program outbond yang rancang dengan baik akan menciptakan pengalaman yang tak terlupakan, memberikan keuntungan yang signifikan untuk jangka waktu yang lama.

Area-area dimana outbond akan sangat efektif dilaksanakan

· Pembentukan kerjasama tim
Progra outbond dapat membangun suatu tim dengan baik, selain dari itu akan memfokuskan pada pemecahan masalah, meningkatkan komunikasi yang efektif, meningkatkan kepercayaan, keteguhan dalam mengatasi perubahan dan konflik.

· Pengembangan kepemimpinan
Mengidentifikasi dan mengembangkan kharakter dengan baik yang dilaksanakan dalam situasi yang melibatkan strategi, penentuan sasaran, perencanaan, alokasi sumberdaya, pemberdayaan dan pengambiln keputusan

· Manajemen perubahan
Memungkinkan suatu organisasi membangun budaya kerja bersama, mengintegrasikan struktur organisasi yang baru, mengelola transisi dan memperluas perasaan keterbatasan kinerja.

· Mengatasi konflik
Meningkatkan ketrampilan-ketrampilan interpersonal, membongkar halangan komunikasi, membangun kemampuan untuk mengekspresikan memecahkan perbedaan dalam kondisi tanpa tekanan.

· Efektifitas personal dan profesional
Meningkatkan kesan pribadi dengan memberikan tekanan pada capaian personal dan kelompok, memberikan dorongan untuk memperluas batasan-batasan perasaan, dan mendapatkan perasaan baru akan tujuan dan komitmen.

· Ketrampilan-ketrampilan interpersonal
Mengembangkan kemampuan-kemampuan untuk mengkaitkan situasi individual dan kelompok dengan baik dan penuh percaya diri, bekerja untuk meningkatkan dinamika kelompok.

· Ketrampilan-ketrampilan berkomunikasi
Membangun ketrampilan berkomunikasi dengan efektif yang memungkinkan peningkatan kinerja dan produktifitas.

· Masa orientasi bagi peserta pelatihan
Mengurangi kendala waktu dalam menciptakan produktifitas, karyawan yang efektif dan kemampuan untuk berintegrasi dengan cepat terhadap budaya kerja, tata nilai dan harapan-harapan.

· Kemitraan dan aliansi
Menciptakan pelanggan, rekanan, kerjasama dan hubungan kemitraan yang efektif dengan saling berbagi pengalaman dan tujuan serta membangun kepercayaan.

Apa yang dimaksud dengan pelatihan outbond
Konsep menggunakan situasi di luar ruangan sebagai alat untuk pelatihan manajemen pertaa kali dikembangkan pada tahun 1940 an oleh Dr. Kurt Hahn, seorang filosof yang mepercayai bahwa di luar ruangan memiliki banyak pelajaran untuk orang kota yang didorong oleh batasan personal maupun kelompok. Dr Hahn yang mempercayai bahwa kemajuan peradaban dan teknologi, banyak merampas kesempatan banyak orang untuk mengembangkan kemandirian, kebugaran fisik dan perasaan peduli terhadap orang lain.

Sebagai perangkat pelatihan yang didirikan oleh perusahaan di Negara-negara Barat, Pelatihan Outbond mendapatkan peningkatan popularitas karena semakin lama banyak perusahaan yang menemukan kemampuan untuk memecahkan masalah yang tidak mmammpu dipecahkan dengan situasi did ala kelas. Yang paling jelas dan cepat bahwa Pelatihan Outbond mampu membangun hubungan interpersonal, kepercayaan dan ikatan.

Inti dari Pelatihan Outbond terletak pada pengambilan dari sekelompok orang untuk dijauhkan dari lingkungan normalnya ke luar ruang, dan menghadapkan mereka pada suatu tantangan yang baru dan tidak dikenal sebelumnya. Program ini bekerja dengan prinsip bahwa bilamana suatu tim dilepas bersma-sama di alam bebas atau alamm petualangan, dimana mereka harus berjuang dengan cara mereka sendiri dan menghadapi tantangan bersama, akan ada pertumbuhan ke banyak arah.

Pada tahap pelaksanaan, pembelajaran outbond bekerja dengan asumsi-asumsi sebagai berikut:
· Seseorang pada umumnya memiliki sumberdaya dan kemampuan yang lebih dari yang mereka pikirkan.
· Sekelompok kecil yang heterogen mampu mengatasi tantangan fisik dan mental secara signifikan.
· Pembelajaran akan berhasil bila masalah ditampilkan dari pada hanya menampilkan solusi atau metodologi.
· Tekanan dan saling berbagi petualangan memberikan katalisator yang penting dalam mengungkap proses.
· Faktor yang paling penting menggambarkan masa depan seseorang adalah merupakan gagasannya sendiri.
· Pembelajarn jangka panjang secara signifikan dicapai melalui pengalaman yang intensif dan dalamm waktu yang pendek.

(Sumber: WILDERTRAILS - corporate outbond - http://www.wildertrails.com/obt/whyobt.htm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar