Jumat, 29 April 2011

Kharakteristik Instruktur Yang Efektif

Apakah yang dimaksud dengan instruktur yang efektif? Keterampilan dan karakteristik apakah yang di miliki? Apa yang dimaksud dengan pengajaran yang efektif dan dalam hal apa ?

Tidak ada definisi yang tepat secara universal tentang pengajaran yang efektif, namun demikian setiap definisi yang diambil harus mempertimbangkan dua hal, yaitu apa yang dilakukan oleh instruktur dan apa yang dipelajari oleh siswa. Berikut adalah salah satu definisi: "Pengajaran yang efektif harus menghasilkan pembelajaran menguntungkan dan bermanfaat bagi siswa melalui penggunaan prosedur pengajaran yang tepat (Diamond, 1987).

Rabu, 27 April 2011

Pentingnya Kemampuan Berkomunikasi Yang Baik Bagi Seorang Instruktur Pelatihan Kerja

Memahami komunikasi berarti memahami apa yang terjadi selama komunikasi berlangsung, mengapa itu terjadi, manfaat apa yang dirasakan, akibat-akibat apa yang ditimbulkannya, apakah tujuan dari aktifitas berkomunikasi sesuai dengan apa yang diinginkan, memahami hal-hal yang dapat mempengaruhi dan memaksimalkan hasil-hasil dari kejadian tersebut.Menurut Anwar arifin (1988:17), komunikasi merupakan suatu konsep yang multi makna.

Pelatihan Bagi Orang Dewasa

Asumsi andragogi (Orang dewasa)
  • Perlu tahu mengapa mereka harus mempelajari sesuatu
  • Perlu belajar berdasarkan pengalaman
  • Melakukan pendekatan pembelajaran sebagai pemecahan masalah
  • Akan belajar dengan baik bila ada kebutuhan yang mendesak
  • Independen
  • Menghendaki efisiensi
  • Mencari pengetahuan baru
  • Memerlukan interaksi untuk pelatihan yang optimal
  • Mmenghendaki seorang fasilitator dan bukan guru